25
Mar
10

RYLA BAHARI 2010

Jumat 12 Maret sampai 14 Maret 2010,,,telah diadakan RYLA (Rotary Youth Leadership Awards). RYLA ini bertemakan RYLA bahari, yang pelaksanaannya dipercayakan di PPLH Puntondo Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Daerah tempat pelaksanaan RYLA ini merupakan daerah pantai dengan pasir putih dan merupakan salah satu daerah penghasil rumput laut di Sulawesi Selatan.

RYLA Bahari 2010 ini dihadiri oleh 19 peserta yaitu dari Yogyakarta, Bogor, Jakarta, Bali, Malang, dan Makassar.

Perjalanan dari kota Makassar ke lokasi memakan waktu ± 3 jam. Saya (Rtr. Ina, red.) bersama Rtr. Asma dan Rtr. Stev selaku panitia begitu tiba langsung takjub akan keindahan lokasi tersebut. Sepanjang jalan kami (Rtr. Ina, Rtr. Asma dan Rtr. Stev, red.) melihat para penduduk yang lagi menjemur rumput laut (sebenarnya baunya amis banget,,,tapi suatu pengalaman yang tak terlupakan dapat mencium langsung aroma rumput laut basah  ^__^, red.). Satu yang unik pula yang saya (Rtr. Ina, red.) dapatkan, ternyata di PPLH ini bangunannya unik bangeet, sampai2 salah satu peserta dari yogya, sepanjang hari motretin bangunan tersebut (ternyata dia anak arsitek,,,hehehhe, red.). Dikit info yang saya (Rtr. Ina, red.) dapatkan, kalo bangunan ini di rancang oleh salah seorang arsitek dari Jerman. Di lokasi PPLH ini terdapat 1 asrama dan 6 bungalow, adapun 1 restoran dan 1 aula yang luas.

Peserta yang pertama kali tiba di Putondo adalah peserta dari Yogyakarta didampingi panitia yaitu Rtr. Eka, Rtr. Achie dan Rtr. Rita (wah,,,bangga donk mereka,,red.), mereka (peserta yogya dan panitia pendamping, red.) tiba kamis sore, kemudian menyusul peserta-peserta lain dan panitia yang mendampingi (Rtr. Ikha, Rtr. Rischa) serta para Rotarian dan para tamu undangan. Peserta Bogor, terakhir tiba pada pukul tiga dini hari di damping oleh Rtr. Ani dan Rtr. yudha (mmmh,,,pasti mereka sangat lelah, red.).

HARI PERTAMA

Jumat, tanggal 12 Maret 2010, pukul 09.00 pagi, RYLA di buka oleh DG. Thomas. Oh iya, peserta di sini telah di bangunkan pukul 04.30,,, walaupun pembukaannya baru pukul 09.00 tapi mereka HARUS siap sebelum acara (mmm,,liat aja testimony dari para peserta ^__^, red.).. Kemudian dilanjutkan dengan program-program selanjutnya yaitu Self introduction & Ice Breaker oleh PP. Eka dan Rtn. Gobind, kemudian dilanjutkan oleh Rtn. Yudi yang membawakan Introduction & Orientation Program-Grouping, dimana ini di adakan outdoor (outbound, red.), dimana peserta di bagi atas 2 kelompok ditambah 1 kelompok panitia sebagai kelompok penyemangat (kayak cheerleders aja neeh panitia,,,hehehhe, red.).

Setelah program Fundamental of Leadership & Ice Breaker yang dibawakan oleh DG. Thomas dan PP. I Wayan. S, serta program Magic Motivation oleh Rtn. Gobind, dilanjutkan acara dinner yang dirangkaikan acara lomba bakar ikan antara 2 kelompok peserta dan panitia (sekali lagi panitia merupakan kelompok cheerliders,,,hehehhe,,,red.) dan kunjungan ke bagan (merupakan tempat penangkapan ikan nelayan, red.)

HARI KEDUA

Seperti hari pertama, peserta di bangunkan pukul 04.30 dengan suara khas dr Rtr. Yudha yang bertugas untuk membangunkan para peserta (banyangin wajah peserta yang masih mengantuk mendengar suara khas Rtr. Yudha,,hehehe,,,red.). Pada pukul 06.00 para peserta, para Rotarian dan panitia yang di dampingi oleh salah seorang warga menuju ke lokasi (jaraknya di tempuh 10 menit dr PPLH, red.) penanaman bakau yang merupakan joint project antara Rotaract Club of D3100 dan Rotary Club D3100.

Dimana, para peserta dan panitia mendapatkan ilmu tentang penanaman bakau dari PP. Subagio Danuningrat. Yang ternyata bakau ini sangat lambat pertumbuhannya dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh dengan baik. Cara menanam bakau yang baik menurut penjelasan dari PP. Subagio yaitu saat menanam bibit bakau harus tegak lurus, supaya tidak mudah digoyahkan oleh ombak. Selain itu, ternyata bakau yang berumur empat tahun tingginya masih mencapai 110 cm (mmmhh,,,lambat juga yah,,,red.).

Setelah melakukan penanaman bibit bakau sebanyak 100 bibit, pukul 07.00 kami (peserta, Rotarian dan panitia, red.) kembali ke PPLH untuk breakfast. Pada pukul 08.00, kami (peserta, Rotarian dan panitia, red.) pun menuju ke lokasi acara selanjutnya yaitu program diving yang dibawakan oleh Rtn. Marzuki. Selain program diving, dirangkaikan pula salah satu project Rotary yaitu penandatanganan MOU Rotary dan pemerintah setempat. Setelah acara penandatanganan, maka para peserta diving di lepas yang diiringi oleh para peserta lomba perahu, dimana peserta lomba perahu ini adalah masyarakat di sekitar Puntondo. Kami para panitia pun tidak mau ketinggalan untuk meramaikan acara ini dengan ikut berenang (yang g bisa renang menggunakan pelampung atau cm sekedar di siram pake air laut tentunya hehehhe,,,red.).

Pada pukul 13.00, setelah acara diving, para peserta break untuk lunc. Yang setelah makan siang dilanjutkan kembali ke program-program yang telah di jadwalkan yaitu Importance of Communication skill in effective Leadership, Problem solving and Conflict Management yang di bawakan oleh Rtn. Yudi. Pukul 18.30, setelah break untuk makan malam, dilanjutkan program Rotary purpose and Service to the Community yang masing2 di bawakan oleh PDG. Tjoet, PP. Subagio,  PP. Komang Wd. Mastra serta DG. Thomas.

Pada pukul 21.30 yang merupakan program terakhir yaitu Evaluation & Feedback yang di bawakan oleh Rtn. Gobind. Disini, peserta maupun panitia yang mulai kelelahan kembali bersemangat oleh kisah-kisah motivasi yang di bawakan Rtn. Gobind, saya sendiri (Rtr. Ina, red.) sampai nangis di buatnya (mungkin memang cengeng kale yah,,,heheheh,,,red.). Setelah motivasi yang diberikan oleh Rtn. Gobind, pada pukul 22.30, peserta dikumpulkan di halam belakang PPLH untuk mengadakan acara Bonfire yang di bawakan oleh Rtn. Gobind dan Rtn. Yudi, yang dirangkaikan pula pemilihan kelompok terbaik saat pelaksanaan outbound. Selain api unggun (bonfire, red.) adapula parody yang di persembahkan oleh masing2 dari kedua kelompok + kelompok panitia dan parody dari masing2 perwakilan daerah peserta. Dan, parody yang paling mengesankan adalah parody yang di bawakan oleh Rtr. Morgan yang merupakan perwakilan dari Makassar yang menirukan gaya salah satu iklan favoritnya (iklan tory2 wafer, red.), sampai akhirnya Rtr. Morgan di juliki Miss. Tory-Tory (heheheh,,,lucu mengingat itu, red.).

HARI KETIGA

Yang merupakan hari terakhir sekaligus penutupan RYLA, dimana rangkaian acaranya yaitu Exercise oleh PPLH dan acara penutupan yang dirangkaikan penyerahan souvenir kepada para Rotarian serta penyerahan sertifikat sekaligus pemilihan peserta terbaik dan terfavorite selama berlangsungnya RYLA. Dan peserta terfavorite adalah Fajar Hartono dari RC Jogja Malioboro.

Dari 3 hari pelaksanaan RYLA ini, banyak hal yang didapatkan baik bagi para peserta maupun panitia sendiri,,,berikut testimony dari para peserta yang di kirim melalui email :

Bestari (RC Bogor) :
“kegiatan RYLA smuanyaaa berkesaaaann…seneng pokonyaa..
slamet ya buat smua commitee RYLA Bahari 2010..^^”

Tommy (Malang) :
“Kegiatan ryla mantap abiz dah pokoknya..
Selamat buat smua panitia yang udah bekerja keras..”

Eerosaari Winanda (RC Kuta Bali):
“Kegiatannya berkesan…menyenangkan..tapi mgkn ada hal-hal yg perlu jdi pembelajaran bersama…kaya peraturan / tata tertib ryla lebih baik diinformasikan lebih awal.. 🙂
ditunggu datanya yah…
salam hangat dari paradise island, Bali…”

AmeLia Yoshepine (RC Jogja Malioboro) :
“RYLA Bahari yang menyenangkan dan penuh tantangan 🙂
keseLuruhan acara berjaLan baikk..
terimakasih untuk RYLA c0mitee D3400, RCUP dan panitia RACUP teLah mengusahakan yang terbaik untuk kita semua :)”

Sherly Syar (salah satu panitia bantuan dari Rotaract Jakarta Sunter,,,wah makasih bangeet bantuannya,,,red.) :
“Hallo semuanya… 😉 …
It’s my first RYLA camp that is truly back to basic style. living in huts that.. no internet, no mobile phone reception…. it didn’t bother me… on the way back was a whole different story…
meeting the youths of ROTARACT all over places in Indonesia at the camp was truly the most memorable and exciting times for the year 2010 for me.”

send MY BEST REGARDS to ALL RYLA-rian…and ALL COMMITTEE… 🙂 … MAKASSAR 2010…

Hendra Purnamaa (RC. Jakarta Sentral):
“RYLA Bahari berkesan bgt, bnyak hal – hal baru yg aku dapet..
pokoke dr mendengar suara yudha
bangun2 anda sudah dikepung, sampai tidur lg semuanyaa berkesan”
keep contact u/ peserta dan panitia nya..
🙂
bravo RYLA Bahari 2010
thx.”

Fajar Hartono (RC Jogja Malioboro) :
“wah, RYLA kali ini berkesan banget. lebih seru dari RYLA RYLA sebelumnya.. (padahal belum pernah ikut RYLA). tapi yakin deh, ini ryla berkesan banget. hehehe..
aku sih pertama kepengen ikut gara2 ada kata: ‘pengenalan diving dan equipment’. pengen refreshing menikmati alam di daerah2 baru,, ee,, malah dikasi bonus sampe ke pelosok2 segala.. bener2 alam ki.. mari ki.. (kata terakhir ga nyambung)
oya, gak kalah penting tuh motivasi2 dari gobind. banyak yang mbuat terheran dan terdiam tanpa kata. (hiperbol ah).
ya gitu deh.. seperti kata DG,, hidup RRRYYYLLLAAA..!!
sekian testis moni dari saya.
cu next time guys! =)”

Dedy Lesmana (RC. Jakarta Sunter) :

“RYLA Bahari 2010 Ruarrrrrr Biasaaa…. !!!
Selamat dan sukses…. dua kata buat panitia dan comitee RYLA Bahari…
Meski pesertanya pada ndablek ( susah bangun pagi )
tapi semua tetap berjalan dengan baik… bahkan tetap
setia menemani kita di hari-hari terakhir…
Salut buat makassar…… dan Rotaract Pinisi….
Khusus buat Yudha…. tetap semangat menyuarakan
hati rakyat… Jeruk mahasiswa… jeruk mahasiswa….2x

Thanksssss…”

nisa nisvia marsya (RC. Bogor) :

kesan ku wat RYLA keryennnnn, bis nya kita bisa ngenal alam plus penambahan spiritual dan oft skill kita. pokoknya nendang banget d. apalagi pengalaman ku pertama kali ngeliat kambing bikin geng segala. unforgetable deh, mana bisa d liat d jakarta atau bogor.hehehhe
aq juga salut sama hospitalty and kerja keras nak phinisi keryennnnnnnnnnnn
4 thumbs up deh, 2 dari tangan dua lagi dari kaki.hehehehhe

Rio Aditya Arianto (Kuta Bali) :

“suatu pengalaman yang menyenangkan dan cukup menambah wawasan,disamping menambah pergaulan”

Avys

RYLA itu…
emh…
gmn y…
ksh tw g y…
emh…
gmn dunk…
xixixi…

pokokx luar biasa dch, berkesan bgt..!
g bs d ungkapkn dgn kata2…!
intangible…!
(lebay mode: on)
alay.com
jiahahaha… :D”

Salam RYLA

Advertisements

0 Responses to “RYLA BAHARI 2010”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Advertisements
March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d bloggers like this: